Pages

sponsor

Tuesday, August 7, 2012

Pointer dalam Bahasa C

Melanjutkan postingan materi kemarin, kali ini akan saya posting materi mengenai pointer. Pointer merupakan penunjuk dari suatu alamat yang berada dalam memory. Dengan adanya pointer maka kita dapat memanipulasi data yang berada pada alamat tertentu dalam memory. Berbeda dengan variabel di mana jika kita menyimpan suatu data akan diacak oleh sistem, sedangkan pointer ini dapat kita tentukan letak penyimpanannya. Pointer biasanya dideklarasikan dalam bentuk :
               tipe_data *nama_variabel_pointer
Dapat kita lihat untuk nama dari pointer diberikan tanda bintang yang menandakan atau menunjukkan perbedaannya dengan variabel biasa. Kita harus mendefinisikan terlebih dahulu alamat memori sebelum diisi oleh data dari pointer tersebut. Sebagai contoh akan saya berikan sedikit potongan program sederhana sebagai berikut :

#include <stdio.h>
main()
{
    int b,a=50;
    int *pointer1;

    pointer1 = &a;
    b = *pointer1;
    printf("alamat a : %p\n",&a);
    printf("isi pointer1 : %p\n",pointer1);
    printf("isi a : %d\n",a);
    printf("nilai yang ditunjuk oleh pointer1 : %d\n",*pointer1);
    printf("nilai dari b : %d\n",b);
    getch();
}

Program di atas akan menghasilkan output berupa alamat pointer, serta isi atau nilai dari pointer tersebut, dalam program di atas bernilai 50.
Untuk lebih memahami materi pointer kali ini, silakan download materi di sini. Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

No comments:

Post a Comment